Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 15 Oktober 2018

Pahami 10 Manfaat Mandi Sauna bagi Kesehatan dan Kecantikan


Bersauna merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan ketika selesai berolahraga ataupun sekadar untuk relaksasi. Mandi sauna dipercaya membuat anggota tubuh kita kembali rileks yang sebelumnya tegang dan letih setelah berolahraga.

Selain untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks, ternyata mandi sauna memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh dan bahkan bagi kecantikan juga lho. Mau tahu apa saja manfaat sauna? Yuk langsung simak selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Mandi Sauna untuk Kesehatan

1. Menghilangkan Stres

Salah satu manfaat sauna adalah dapat menghilangkan stres. Jika kamu sering merasa stres karena pekerjaan yang padat dan ingin mencari cara rileks yang baik, sauna dapat membantu kamu agar lebih merasa lebih santai dan melupakan pekerjaan sejenak. Sauna juga meningkatkan sirkulasi darah, serta melepaskan hormon endorfin yang memberikan efek senang dan bahagia.

2. Membuang Racun

Manfaat mandi sauna yang berikutnya adalah untuk membantu kamu membuang racun dalam tubuh. Karena salah satu cara untuk mengeluarkan racun tubuh adalah dengan berkeringat, maka sauna dapat menjadi opsi yang tepat karena keringat yang kita keluarkan di sauna dapat membilas sisa-sisa racun tubuh kita.

3. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang kamu bisa tebak, khasiat sauna juga bisa untuk menurunkan berat badan! Ketika kamu sedang dalam ruangan sauna, detak jantungmu meningkat karena panas. Menurut penelitian ilmiah, bersauna selama 20 menit dengan suhu 75 derajat Celsius (C) dapat memakan lebih dari 500 kalori, serta meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh kamu!

4. Memperkuat Sistem Imun

Satu lagi manfaat sauna adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu. Ketika kamu bersauna, tubuh kamu akan memproduksi sel darah putih lebih cepat yang berguna untuk melawan infeksi, serta kuman seperti bakteri dan virus. Sehingga kamu tidak gampang terserang penyakit.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Suhu tinggi yang kamu rasakan di ruang sauna akan memberikan efek baik untuk jantung. Peredaran darah tubuh bekerja secara maksimal dan lebih lancar, sehingga otot jantung bekerja dengan baik dan juga bisa menyebabkan detak jantung yang lebih stabil.

6. Menghilangkan Nyeri Otot

Khasiat sauna yang berikutnya adalah untuk menghilangkan nyeri otot. Jika kamu sering merasa nyeri pada otot atau sendi, kamu dapat merasakan manfaat sauna ini, karena panas yang dihasilkan ruang sauna bisa memberikan efek yang menenangkan untuk otot dan sendi serta membantu peredaran darah semakin lancar.

7. Meningkatkan Stamina

Rutin melakukan mandi sauna juga bisa membantu kamu dalam meningkatkan stamina. Dengan meningkatnya stamina dalam tubuh, kamu akan memiliki ketahanan lebih kuat selama berolahraga fisik dan tak mudah lelah. Hal ini juga sangat membantu kamu dalam meningkatkan produktivitas bekerja dan tidak mudah ngantuk.

8. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Nah, jika kamu merasa tidur kamu tidak pernah nyenyak di malam hari, cobalah untuk bersauna. Ketika kamu bersauna, tubuhmu akan menghasilkan hormon endorgin yang lebih banyak, efeknya adalah kamu akan merasa lebih rileks, santai, dan senang, Toppers!

9. Menyehatkan Rambut

Selain untuk kesehatan tubuh kamu, mandi sauna juga bisa membuat rambut di kepala kamu menjadi lebih sehat lho. Pada kulit kepala kita terdapat kelenjar yang bernama sebaceous, yang memiliki peran untuk menjaga kesehatan dan melembapkan rambut. Nah, dengan bersauna, kelenjar sebaceous akan lebih aktif sehingga rambut kamu bakal lebih sehat.

10. Bikin Awet Muda

Satu lagi khasiat mandi sauna yang tak terduga, yaitu bisa membuat kamu terlihat lebih awet muda. Karena mandi sauna bisa membuat sel-sel kulit mati pada tubuh kita menjadi berkurang berkat meningkatkan aliran darah ke kulit. Dengan begini, pertumbuhan kulit baru akan terjadi lebih sering dan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kamu nampak awet muda.

Itulah beberapa manfaat sauna yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan maupun bagi kecantikan. Ternyata banyak juga ya manfaatnya untuk kesehatan tubuh! Jika kamu ingin mulai hidup lebih sehat, kamu dapat mulai bersauna dan berolahraga secara rutin! Lengkapi dengan memesan produk perawatan tubuh terbaik dan terlengkap hanya di Matrixshop!

Ditulis Oleh : Unknown // 23.53
Kategori: